Rabu, 21 November 2018

Riview jurnal new inovasi SI


JudulPengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliahn Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan
 PenulisSella Mawarni,
 AbstrakPenelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan produk digital book interaktif yang didesain untuk mata kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan Allesi & Trollip yang dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, yakni: (a) planning,(b) design, dan (c) development yang dilengkapi dengan komponen atribut mencakup standards, ongoing evaluation, dan project management. Penelitian ini menghasilkan produkdigital book interaktif berupa Compact Disk (CD) berserta buku petunjuk. Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui uji alphapada ahli materi sebesar 3,39 (sangat layak) dan pada ahli media sebesar 3,54 (sangat layak). Selanjutnya pada uji betha kelompok kecil diperoleh skor hasil penilaian sebesar 3,64 (sangat layak) dan pada kelompok besar sebesar 3,37 (sangat layak). Penilaian kelayakan produk pada aspek pembelajaran didukung oleh perolehan rerata skor hasil belajar mahasiswa dan hasil unjuk kerja mahasiswa sesuai capaian pembelajaran.
PembukaanPendahuluan
Produk yang dihasilkan oleh penulis Sella Mawarni adalah produk digital book interaktif yang didesain untuk mata kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY selanjutnya Mengetahui tinngkat kelayakan produk yang dikembangkan.
MethodeMetode penelitian ini mengacu pada model pengembangan Allesi & Trollip yang dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan.
HasilHasil skor penilaian kelayakan produk melalui uji alpha pada ahli materi sebesar 3,39 (sangat layak) dan pada ahli media sebesar 3,54 (sangat layak). Selanjutnya pada uji betha kelompok kecil diperoleh skor hasil penilaian sebesar 3,64 (sangat layak) dan pada kelompok besar sebesar 3,37 (sangat layak).
 KesimpulanBerdasarkan hasil yang didapat pada penelitian ini penulis merumuskan  tujuan penelitian, pertanyaan peneli-tian, serta pembahasan hasil penelitian dan pengembangan produk digital book inter-aktif, maka dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Produk digital book interaktif yang dihasilkan berupa ke-pingan Compact Disk (CD) berserta buku petunjuk (manual) yang dapat digunakan sebagai sumber belajar mata kuliah.
Referensi Alessi, S. M., & Trollip, S. P. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Budiningsih, C. A. (2005). Belajar danpembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Butcher, C., Davies, C., & Highton, M. (2006). Designing learning: from module outline to effective teaching. New York: Routledge.

Dopo, F. B., & Ismaniati, C. (2016). Persepsi guru tentang digital natives, sumber

belajar digital dan motivasi memanfaatkan sumber belajar digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan,

3(1), 13–24. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.828 0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar